Hubungan IndustriMisiPrestasiVisi

Kegiatan UKK Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Negeri 8 dilaksanakan pada 6-9 Maret 2023 dimulai dari kelas XII RPL D, XII RPL C, XII RPL A, dan XII RPL B. UKK merupakan penilaian yang khusus dilakukan oleh siswa SMK. Dengan UKK, pencapaian kompetensi siswa SMK dapat diukur dengan menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh.

            UKK ini diberikan oleh guru untuk latihan dan mempersiapkan ujian pada tanggal 13-17 Maret mendatang. Di sisi lain untuk melatih mental yang juga turut andil dalam mengukur standart kesiapan di hari h-. Kegiatan UKK digunakan sebagai pemantapan materi sebagai jembatan untuk mencapai kompetensi lulusan yang mampu berdaya saing.

            Studi kasus yang diambil pada tahun ini yakni sistem reservasi hotel, sistem pengaduan masyarakat, sistem laundry, sistem lelang, dan sistem pembayaran SPP. Ketertiban dalam mengerjakan menjadi prioritas utama agar kegiatan ini berjalan dengan lancar. Pengerjaannya kurang lebih memerlukan waktu hanya 2 jam, sambung KPK jurusan RPL.

            UKK di SMK Negeri 8 Malang ada 2 jenis yaitu Uji Java Fundamental dan Java Foundation. Uji Java Fundamental sendiri seperti ujian yang dilakukan pada umumnya dikerjakan per-bab / chapter di minggu ke 3 dan 4. Selain itu, Java Foundation pembelajarannya mulai bulan Januari per tahapannya.

            UKK yang dilaksanakan hampir sama dengan bentuk ujian praktik yang mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Bentuk praktik ini diberikan sesuai dengan kompetensi keahlian yang kini sedang ditempuh. Dengan adanya pelaksanaan UKK indikator pencapaian siswa dapat ditempuh dengan baik. Hal yang menarik dari kegiatan UKK ini adalah dapat mengukur kemampuan sekaligus keberhasilan siswa agar siap berdaya saing unggul di dunia luar. Hasil dari UKK ini dapat dijadikan sumber informasi bagi calon tenaga kerja. SMK Negeri 8 Malang mengoptimalisasikan pelaksaan UKK agar capaian kompetensi siswa dapat mencetak sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *