Pelatihan Pembelajaran Teaching Factory Dan Peningkatan Kompetensi Guru Tahun 2021

By: Berita | Posted on: October 28, 2021


Teaching factory di sekolah hendaknya memberikan peranan untuk membangun budaya sekolah berorientasi produk dan jasa. Pembelajaran teaching factory berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur di industri, sehingga sekolah melalui pelatihan ini berupaya untuk meningkatkan standar kelulusan yang berfokus dan mengarah pada penyempurnaan proses pembelajaran komprehensif melalui mepel produktif serta upaya peningkatan kompetensi guru.
Kegiatan pelatihan pembelajaran teaching factory dan peningkatan kompetensi guru ini merupakan langkah awal untuk penyelarasan materi pada setiap mata pelajaran untuk mendukung kompetensi keahlian siswa. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kolaborasi dalam sinkronisasi produk dan/atau jasa pada masing-masing kompetensi keahlian. Dengan demikian diharapkan tumbuh ekosistem proses pembelajaran praktik kontekstual yang dapat dipahami, dirasakan, dan dinikmati oleh seluruh siswa.
Kegiatan ini berlangsung pada hari senin, selasa, dan kamis pada minggu ketiga di Bulan Oktober 2021 dan diikuti oleh para guru mata pelajaran produktif. Kegiatan pada hari pertama berfokus pada pemaparan materi oleh DR. Sugiarta yang berasal dari BBPPMPV berlangsung dengan antusiasme peserta yang cukup baik, hal ini dapat dilihat dari jumlah pertanyaan yang cukup banyak dari peserta dan juga proses diskusi yang hidup.
Kegiatan di hari kedua berlangsung dengan diskusi antara pihak industry dengan guru mata pelajaran produktif, diskusi antara kedua belah pihak berlangsung di masing-masing lab jurusan. Industri yang terlibat dalam diskusi ini antara lain PT Capung untuk jurusan TKJ, CV Enigma untuk jurusan Mekatronika dan ELIN, Hummasoft untuk jurusan RPL. Diskusi membahas bagaimana kerjasama dan perjanjian yang akan dijalin antara sekolah dengan industri.
Kegiatan dihari terahir adalah pemaparan hasil diskusi antara jurusan dengan pihak industri. Pemaparan hasil diskusi disampaikan oleh masing-masing kepala jurusan. Dan diakhiri sambutan penutup oleh waka bidang kurikulum.