Pemetaan Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Kualias Lulusan

By: Berita | Posted on: October 27, 2021


Alumni atau lulusan sebuah civitas akademika akan menunjukkan bagaimana kualitas sebuah institusi, juga akan menunjukan bagaimana alumni tersebut dibentuk dalam proses pembelajaran pada sebelumnya. SMK Negeri 8 Malang merupakan institusi pendidikan yang senantiasa memperbaiki kualitas di dalamnya. Melalui rapor mutu pendidikan diperolehlah poin-poin mana yang harus mendapatkan perhatian lebih.
Perkembangan zaman yang dinamis dan sangat cepat akhirnya menuntut sekolah untuk dapat mengikuti perkembangan yang ada, pun perkembangan kurikulum yang senantiasa berubah mengikuti perkembangan yang ada. Oleh karena itu diadakanya kegiatan pemetaan kurikulum ini bertujuan untuk mengikuti perkembangan tersebut, antara kurikulum yang akan diajarkan pada siswa dan kebutuhan perkembangan yang ada haruslah senantiasa berjalan beriringan.
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada hari sabtu dan minggu di pertama bulan Oktober 2021, peserta yang berasal dari para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Pada hari pertama kegiatan fokus kegiatan adalah penyampaian matari pentingnya pemetaan kurikulum dan penguatan SKL yang disampaikan oleh Dr. Miftachul Sholeh dari BBPPMPV BOE, antusiasme yang tinggi pun terlihat dari banyaknya pertanyaan dari para peserta.
Kegiatan pada hari kedua pun juga tidak kalah pentingnya, karena pada hari kedua ini para peserta dituntut untuk manghasilkan karya pemetaan kurikulum yang sebelumnya juga didiskusiakan bersama oleh masing-masing jurusan yang ada, “diharapkan nanti matriks kurikulum yang ada dapat sesuai dengan kebutuhan siswa untuk berkarya ketika berada di dunia industri”ungkap Bapak Slamet Winarto selaku ketua pelaksana kegiatan ini.