TKJ (Teknik Komputer Jaringan)


Jurusan TKJ merupakan salah satu jurusan yang ada di SMKN 8 Malang, pada jurusan ini siswa dapat belajar mengenai seluk beluk computer, jaringan computer, dan implementasinya.
Jurusan TKJ mempelajari tentang
• Dasar-dasar computer dan jaringan computer
• Sistem computer
• Infrastruktur dan perangkat jaringan computer
• Administrasi system jaringan / Server
• Penerapan teknologi jaringan berbasis luas (WAN)
• Teknologi Layanan Jaringan
• Internet of Things (IOT)
Selain hal di atas, di jurusan TKJ juga diajarkan tentang bagaimana membangun kinerja dengan DU/DI dan instansi terkait sehingga siswa memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bersaing di dunia kerja.
PELUANG TKJ DALAM BEKERJA
• Teknisi jaringan
Prospek Nomor satu tentunya teknisi. Tugas teknisi adalah melakukan perbaikan atau pembangunan komputer dan jaringan komputer agar bisa dipakai oleh pelanggan. Pekerjaan teknisi merupakan pekerjaan yang paling linear bagi siswa lulusan TKJ karena tentunya siswa TKJ sudah pernah mendapatkan pengalaman di sekolahnya saat melakukan prakerin.

• Marketer / Sales
Ujung dari semua badan usaha atau apapun yang menginginkan keuntungan tentu saja pemasaran. Bagaimana barang atau jasa yang disediakan bisa digunakan orang dan juga mendatangkan keuntungan untuk kita.

• Network Operation Control / Administrator
Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan juga kontinuitas jaringan sistem yang digunakan. Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, sampai DNS server.

• System Analyst System analyst merupakan profesi yang memiliki tugas menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sistem tersebut tentunya berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan juga peranti lainnya yang berhubungan.

• Konsultan ERP
Konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning adalah profesi yang memberikan jasa konsultasi mengenai pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Sebagai seorang konsultan ERP, kamu juga harus bisa memberikan solusi agar suatu perusahaan dapat melakukan kegiatannya secara efektif dengan pengeluaran yang lebih kecil.

• Menjadi Ahli Komputer dan Perangkatnya Sangat memungkinkan untuk membuka layanan service computer sendiri karena bisa mempraktekkan apa yang didapat selama belajar di sekolah sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi diri sendiri dan orang lain.

• Membuka Les Privat Komputer dan Jaringan Jika memiliki passion mengajar bisa juga membuka jasa sebagai guru privat / tentor.
• Sertifikasi
Untuk meningkatkan daya saing tamatan Teknik Komputer Jaringan, memiliki program unggulan yaitu sertifikasi
1. Sertifikasi CISCO internasional adalah ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh CISCO Academi (Amirika), meliputi ITE1, CCNA1 dan CCNA2. Seluruh siswa TKJ dijadwalkan mulai semester dua (II) hingga semester lima (V) untuk melaksanakan sertifikasi CISCO secara on line. Bagi yang dinyatakan lulus / kompeten maka akan mendapat sertifikat langsung dari CISCO Academi yang menyatakan siswa tersebut mampu “ melakukan perakitan PC, Instalasi soft ware hingga membangun Local Area Network dan Wide Area Network ”.
2. Sertifikasi Mikrotik (MTCNA) MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) adalah sebuah program sertifikasi untuk teknisi (Network Engineer) pada tingkatan entry-level. Sertifikasi ini membantu Network Engineer untuk memahami dasar-dasar networking dan meningkatkan atau memberi nilai tambah pada Network Engineer tersebut.
3. Sertifikasi TOEFL adalah ujian sertifikasi bahasa inggris (toefl) bekerja sama dengan Universitas Merdeka Malang. Siswa yang lulus mendapat sertifikat dengan nilai perolehan masing-masing.
4. Sertifikasi Kewirausahaan adalah ujian sertifikasi yang bekerjasama dengan PT yang bergerak dibidang produksi dan Penjualan serta siswa dapat berkompeten sebagai Entreprenuer. Di peruntukan untuk kelas X dan XI semester Genap.