Kegiatan Sertifikasi Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

2023-03-13 | SMKN 8 MALANG

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di SMK Negeri 8 Malang mengadakan suatu kegiatan sertifikasi di jurusan RPL, yang ditujukan bagi kelas XII. Kegiatan ini dilakukan mulai 20 Maret-7 April 2023 mendatang. Tempat yang digunakan yaitu di beberapa kelas XII RPL.

Sertifikasi merupakan suatu program pengakuan bukti tertulis bahwa siswa telah dianggap mampu mencapai kompetensi melalui pembelajaran, pelatihan, dan pengalaman bekerja. Adanya sertifikasi ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk menuju jenjang karir yang sedang dituju. SMK Negeri 8 Malang siap memberikan fasilitas lengkap untuk menunjang keberlangsungan siswa agar bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten, ujar Ibu Anisa.

Sertifikasi kejuruan ini bertujuan untuk membekali siswa agar memiliki suatu Sertifikasi Internasional sesuai bakat dan minat. Di sisi lain, sertifikasi ini juga untuk memudahkan siswa dalam mencari pekerjaan yang sesuai bidangnya. Program sertifikasi ini sebagai pengakuan agar bisa dipakai untuk menerobos secara langsung dunia kerja di masyarakat luas. 

Program sertifikasi di SMK Negeri 8 Malang terbagi atas 2 macam jenis sertifikasi yaitu mobile developer dan fundamental python. Mobile developer sendiri merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh kejuruan RPL yang bergerak di bidang pengembangan android/smartphone. Sedangkan fundamental python adalah pengembangan dasar dari pemahaman program mesin learning ioT, artificial intelligence, dan data science. 

Sertifikasi kejuruan memberikan sebuah kontribusi besar pada pengembangan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini. Rekayasa dan pengembangan perangkat lunak memiliki daya tarik tersendiri karena dapat meningkatkan kreatifitas siswa seperti memunculkan landasan peluncuran baru di dunia akses. Sertifikasi ini diberikan kepada siswa setelah dinyatakan lulus melakukan kegiatan Ujian Keahlian Kejuruan (UKK).

Author:

humasasta8