TKJ (Teknik Komputer Jaringan)


TKJ adalah singkatan dari Teknik Komputer Jaringan.TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer.Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.Program keahlian TKJ berbeda dengan RPL(Rekayasa Perangkat Lunak).RPL adalah jurusan yang mempalajari tentang program-program yang ada di komputer dan jika kita mengambil jurusan ini kita akan menjadi seorang programmer.

Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. banyak siswa yang awalnya tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini siswa jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya

PELUANG TKJ DALAM BEKERJA
Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri

Untuk meningkatkan daya saing tamatan Teknik Komputer Jaringan, memiliki program unggulan yaitu sertifikasi

  1. Sertifikasi CISCO internasional adalah ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh CISCO Academi (Amirika), meliputi ITE1, CCNA1 dan CCNA2. Seluruh siswa TKJ dijadwalkan mulai semester dua (II) hingga semester lima (V) untuk melaksanakan sertifikasi CISCO secara on line. Bagi yang dinyatakan lulus / kompeten maka akan mendapat sertifikat langsung dari CISCO Academi yang menyatakan siswa tersebut mampu “ melakukan perakitan PC, Instalasi soft ware hingga membangun Local Area Network dan Wide Area Network ”.
  2. Sertifikasi Jeni adalah ( Java Education Network Indonesi),Ujian sertifikasi pemrograman JAVA level I hingga IV (national level) oleh SMKN 8 Malang ( sebagai Local Academi ) dan VEDC Malang (sebagai Regional Academi). Ujian ini terjadwal dan diikuti seluruh siswa TKJ pada semester IV dan V. Bagi siswa yang lulus akan mendapatkan sertifikat JENI.
  3. Sertifikasi TOEFL adalah ujian sertifikasi bahasa inggris (toefl) bekerja sama dengan Universitas Merdeka Malang. Siswa yang lulus mendapat sertifikat dengan nilai perolehan masing-masing.
  4. Sertifikasi Kewirausahaan adalah ujian sertifikasi yang bekerjasama dengan PT yang bergerak dibidang produksi dan Penjualan serta siswa dapat berkompeten sebagai Entreprenuer. Di peruntukan untuk kelas X dan XI semester Genap.