RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)


Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara Pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak danmanajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak. Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)

Untuk meningkatkan daya saing tamatan Rekayasa Perangkat Lunak, memiliki program unggulan yaitu sertifikasi

  1. Sertifikasi ORACLE adalah Ujian database relasional yang terdiri dar kumpulan data dalamsuatu sistem manajemen basis data RDBMS, yang terjadwal dan diikuti seluruh siswa RPL pada semestier VI. Bagi siswa yang lulus akan mendapatkan sertifikat ORACLE.
  2. Sertifikasi Jeni adalah ( Java Education Network Indonesi),Ujian sertifikasi pemrograman JAVA level I hingga IV (national level) oleh SMKN 8 Malang ( sebagai Local Academi ) dan VEDC Malang (sebagai Regional Academi). Ujian ini terjadwal dan diikuti seluruh siswa TKJ pada semester IV dan V. Bagi siswa yang lulus akan mendapatkan sertifikat JENI.
  3. Sertifikasi TOEFL adalah ujian sertifikasi bahasa inggris (toefl) bekerja sama dengan Universitas Merdeka Malang. Siswa yang lulus mendapat sertifikat dengan nilai perolehan masing-masing.
  4. Sertifikasi Kewirausahaan adalah ujian sertifikasi yang bekerjasama dengan PT yang bergerak dibidang produksi dan Penjualan serta siswa dapat berkompeten sebagai Entreprenuer. Di peruntukan untuk kelas X dan XI semester Genap.