Mekatronika (Mekanik dan Elektronika)


Mekatronika (Jerman: Mechatronik; Inggris: Mechatronic) berasal dari kata mekanika, elektronika dan informatika. Bagan Mekatronika:Diagram sedehana pembentukan ilmu mekatronika. Terdiri atas dua lapisan fisika dan logika. dan tiga dasar ilmu utama elektronika, informatika dan mekanika. Dengan melihat asal katanya dapat dengan mudah dipahami, bahwa ilmu ini menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu Mekanika, ilmu Elektronika dan Informatika

Istilah Mechatronik (Mechanical Engineering-Electronic Engineering) pertama kali dikenalkan pada tahun 1969 oleh perusahaan jepang Yaskawa Electric Cooperation. Awalnya berkembang dalam bidang Feinwerktechnik, yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian. Misalnya pada pembuatan jam, alat optik dan sebagainya. Lalu ditambahkan setelah munculnya Informatik sebagai disiplin ilmu baru.

Hingga saat ini dipandang sebagai hubungan antara ilmu Mekanik, Elektronik dan Informatik. Dalam masa yang akan datang, aplikasi mekatronika akan digunakan hampir disemua bidang, seperti Otomotif, Pemutar CD, Stasiun luar angkasa atau pada fasilitas produksi.

Mekatronika dikategorikan oleh Majalah Technology Review pada tahun 2003 sebagai 10 Teknologi yang dalam waktu dekat dapat mengubah hidup kita!

Untuk meningkatkan daya saing tamatan Teknik Mekatronika, memiliki program unggulan yaitu sertifikasi

  1. Sertifikasi FESTO internasional adalah ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh FESTO DEDACTIC ( Jerman ), meliputi Maintenance and repair electropneumatic. Seluruh siswa Teknik Mekatronika dijadwalkan pada semester enam (VI) untuk melaksanakan sertifikasi FESTO di VEDC P4TK Malang. Bagi yang dinyatakan lulus / kompeten maka akan mendapat sertifikat langsung dari FESTO Dedactic meliputi kemampuan
    1. Reading electropneumatic diagram
    2. Operational documentation
    3. Iso symbols
    4. Type and procedure ol electropneumatic components
    5. Preparation for repairing component
    6. Procedure of maintenance
    7. Methods for testing electropneumatic system
    8. Reading indivator
    9. Installation and modification of electropneumatic system
    10. Security and health procedure.
  2. Sertifikasi TOEFL adalah ujian sertifikasi bahasa inggris (toefl) bekerja sama dengan Universitas Merdeka Malang. Siswa yang lulus mendapat sertifikat dengan nilai perolehan masing-masing.
  3. Sertifikasi Kewirausahaan adalah ujian sertifikasi yang bekerjasama dengan PT yang bergerak dibidang produksi dan Penjualan serta siswa dapat berkompeten sebagai Entreprenuer. Di peruntukan untuk kelas X dan XI semester Genap.