Hidroponik SMK Negeri 8 Malang

Hidroponik

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Lokasi : kelas alam

Cara merawat :

  • Dihari pertama sampai ke empat, basahi rockwool/busa yang didalamnya ada akar.
  • Cek kadar nutrisinya, menggunakan alat TDS, nutrisi yang di anjurkan 1000ppm.
  • Jika kurang nutrisi, tambahkan nutrisi A dan B. Jika berlebih, tambahkan air di bak penampungan.
  • Cek kondisi air di bak penampungan, minimal pompa terendam, agar air di pipa cukup sirkulasinya.

Manfaat hidroponik:

  1. Menjadikan udara jadi lebih sejuk

    Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman yang mampu membuat udara lingkungan sekitar jadi lebih segar dan sejuk. Penyebab utamanya adalah sistem ini tidak memakai bahan kimia untuk pemupukan dan penanggulangan hama dan serangan penyakit.

    Jenis pupuk yang digunakan dalam tanaman hidroponik berbentuk nutrisi berupa cairan yang menjadi sumber makanan tanaman. Saat ini sudah banyak sekali jenis nutrisi atau pupuk yang bisa dipakai sebagai penyubur tanaman hidroponik dan beberapa diataranya dapat dibuat oleh petani sendiri.

  2. Mampu mengurangi polusi udara

    Kelebihan dan manfaat hidroponik untuk lingkungan selanjutnya yaitu kemampuannya dalam mengurangi dan meminimalkan polusi udara. Semua orang pasti menyadari apabila sekarang ini tingkat polusi udara di lingkungan sekitar terus meningkat. Polusi ini merupakan hasil dari pembakaran hutan, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap rokok dan sebagainya.

    Jika tidak dikurangi kadar polusinya, udara bisa menjadi kotor dan tercemar. Setelah itu bisa berdampak pada kesehatan manusia dan binatang terutama binatang ternak. Agar masalah ini dapat diatasi, maka salah satu alternatif terbaik yang bisa dipilih adalah menggunakan metode hidroponik untuk budidaya tanaman.

    Sistem hidroponik bisa diterapkan di daerah perkotaan yang mempunyai tingkat pencemaran udara lebih tinggi. Lahan berukuran luas tidak dibutuhkan lagi sebab sistem hidroponik dapat diaplikasikan di lahan sempit termasuk dalam lingkungan rumah sendiri.

  3. Mampu meningkatkan kadar oksigen di udara

    Selain membersihkan udara dari pencemaran serta polusi, budidaya tanaman hidroponik juga dapat difungsikan sebagai media untuk menambah kadar oksigen atau O2 di udara. Semakin banyak kandungan oksigen yang tersedia pada suatu lingkungan, kualitas kesehatan manusia bisa ditingkatkan.